#415: NaNoWriMo 2014 Prep

Dibaca 77 kali

Participant-2014-Twitter-Profile

November udah mau datang….

Seperti tahun-tahun kemaren, tahun ini saya ikut NaNoWriMo lagi. Kayaknya udah tiga kali saya ikut. Sayangnya, menang cuma sekali, tahun kemaren. :D Buat yang pengen nyoba ikut dan pengen tahu NaNoWriMo itu apa, saya tulislah post ini. Dulu kayaknya saya udah pernah tulis juga di sini, tapi kurang jelas kali ya. Baiklah.

Apa itu NaNoWriMo?

Singkatannya: National Novel Writing Month. Ini event tahunan yang skalanya world-wide. Tujuannya sih sebenernya cuma buat bikin kamu nulis doang; satu novel selama satu bulan.

Jadi, itu ngapain?

Jadi, selama bulan November, mulai dari tanggal 1 dan berakhir tanggal 30, kamu harus menulis novel sepanjang 50.000 kata. Gak perlu bagus bangeeet karena yang diminta hanya draft pertama … dan seperti yang dikatakan oleh Hemingway; first draft of anything is sh*t. Kalo kamu berkeinginan mengedit draft pertama itu, kamu punya 11 bulan untuk melakukannya sampai NaNoWriMo tahun berikutnya. :D

Ini bukan lomba, ya?

Bukan. Ini bukan lomba. Walaupun nanti di akhirnya, kalo kamu berhasil menyelesaikan 50.000 kata, kamu bakalan dapet hadiah. Pemenang NaNoWriMo itu adalah peserta yang bisa menyelesaikan draft-nya dan mereka dapet hadiah dari sponsor. Untuk lebih lanjutnya, draft itu memang ada yang dilombakan tapi dalam bahasa Inggris. Jadi kalo kamu mau nulis dalam bahasa Inggris, boleh juga.

Untuk pemenang biasa, hadiahnya macem-macem. Bisa diliat di sini. Dan untuk draft yang dilombakan, hadiahnya lebih besar. Tapi untuk tahun ini, saya belom liat pengumumannya.

Trus, kalo mau ikutan, gimana?

Daftar di sini.

Gimana taunya kalo kita nulis 50.000 kata?

Nanti di akhir November, setiap peserta harus men-submit karyanya untuk ngecek; bener gak udah nulis 50.000 kata. Untuk progres harian, peserta bisa nyetor banyak kata yang ditulis setiap hari. Nanti keliatan grafik dan kamu juga bisa liat progres temen-temen kamu sesama peserta.

Gak takut dicopas itu novelnya harus submit begitu?

Gak perlu kuatir karena draft yang kamu setor itu cuma buat ngecek dan nanti diacak kata-katanya biar gak digunakan untuk hal yang merugikan kamu.

Participant-2014-Web-Banner

Asyiknya apa ikut beginian?

Yah, kalo buat saya sih, saya seneng aja gitu kalo nulis bareng-bareng sama temen-temen yang lain. Ngerasa dipaksa gitu.

Emang yang ikutan banyak ya?

Tahun kemaren sih: 310.095 peserta.

Kalo gak selesai 50.000 kata, gak apa-apa?

Yaaa … gak apa-apa. Palingan kamu gak dapet sertifikat yang bisa di-print dan dipajang doang. :D Kayak serfitikat saya yang dipajang di post ini.

Karena NaNoWriMo tahun ini masih didukung sama Scrivener, jadi kalo Manteman bisa jadi pemenang, akan ada diskon 50% untuk pembelian software ini. Kalo jadi peserta doang dan gak menang, diskonnya 20% aja. :D Buat yang belum tahu Scrivener itu apa, saya pernah review di sini. Intinya sih, dia ini software untuk menulis novel dan lain-lain (saya make buat segala macem termasuk ngeblog).

Ya, gitu ya, Manteman. 50.000 kata sebulan, sekitar 1.667 kata per hari atau sekitar 6 halaman ketikan. Kalo Manteman ada yang ikutan, kasih tau saya, ya. Ayooo~

5 Comments

  1. damarojat
    Oct 27, 2014

    mbak, sy dah daftar tahun ini. barusan sign up hehe… nyoba dulu lah. trus itu harus pk bahasa inggris apa nggak ya? genre bebas kan ya? setornya tiap hari ya? maapkeun nanya borongan. makasiiiih.

    • octanh
      Oct 27, 2014

      Genre bebas, Bang Damarojat. :cutesmile: Nanti pas kita bikin naskah kita, ada pilihan genrenya. Bisa pake bahasa apa aja. Tapi saya pake bahasa Indonesia terus tiap ikut. Setornya gak perlu tiap hari. Gak ada aturannya juga. Kalo mau setor tiap hari juga gapapa sih, sekalian ngeliat progress. Sebelum validasinya dibuka (sekitar tanggal 25-an November), kita cuma bisa nyetor jumlah kata aja. Masama. :D

    • octanh
      Oct 27, 2014

      Aaaaaak~ Ternyata bukan Abang-abang, tapi Emak-emak kayak saya. Maaaaaaap~ :mewek:

  2. harijomk
    Oct 25, 2014

    Terima kasih infonya, Mbak. Cukup menantang juga ya harus 6 halaman ketikan sehari, hehe…

    • octanh
      Oct 26, 2014

      Masama, Mas Hari. Kalo gak disiplin, suka keteteran juga itu di akhir bulan. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)