#422: Alat Tempur NaNoWriMo

Dibaca 92 kali

decoupage

*mejengin sampul dulu*

Ibarat bulan Ramadhan, sebulan ini saya “beribadah” menulis dengan sangat disiplin–biasanya dislipin. :|

Sebenernya saya mau curhat berdarah cerita tentang sejauh ini progress saya gimana. Tapi karena jari-jari saya udah keriting, pegel, keriput, dan gak enak dipandang mata (mana gak bisa pasang kuteks karena belom liburan sholat), jadinya saya nyeritain ini aja deh. Alat tempur NaNoWriMo saya.

1. Scrivener

Semoga Tuhan memberkati orang yang udah bikin ini software karena sekarang saya beneran gak pake word-processor. Di Mac saya gak ada Ms. Word, cuma Pages yang gratisan dan itu pun cuma dipake buat buka file yang dikirimin ke saya. Sisanya, saya kerja pake Scrivener.

Scrivener-Logo

Review panjang saya ada di sini kalo mau baca. Tapi di review ini saya masih pake Windows dan versi Scrivener-nya masih yang lama. Yang sekarang ada beberapa fitur yang disempurnakan, ditambah, dan penampakannya lebih cantik kalo di Mac. Tuan Sinung juga saya suruh pake buat nulis paper karena ngumpulin bahan dan bikin strukturnya (paper juga pake struktur, kan?) lebih rapi dan gampang.

Ini penampakan Scrivener saya siang ini:

Fullscreen_11_4_14__3_01_PM

Klik buat ngegedein.

Saya bisa fokus mantengin progress nulis saya karena ada beginiannya:

Project_Targets_-_Girls_and_the_Geek_and_Girls_and_the_Geek_-_Plot_Sinopsis-7

Itu gak 20K dalam empat hari. Sekitar 10 ribuan saya tulis tahun lalu. :|

2. Timelime

Timelime.175x175-75

Ini biar saya lebih terjadwal aja sih. Aplikasi ini ngebikin saya bisa ngeliat seharian tuh saya ngapain aja. Banyakan molornya apa gimana. :D

Screenshot_11_4_14__3_07_PM

Klik buat ngegedein.

Saya juga pengen tahu sebenernya berapa jam saya nulis sehari, seminggu, sebulan. Gitu-gitu deh. Trus bisa dibuat diagramnya (yang entah kenapa kadang menyesakkan dada). :mewek:

Dua minggu terakhir saya banyakan idle-nya. :D

Screenshot_11_4_14__3_11_PM

Hidup idle~! *bow down*

Saya gak tau ini aplikasi ada di Windows apa gak, tapi cukup pricey emang. *liatin tagihan* Cumannya, emang berguna banget buat saya.

3. Wunderlist

wunderlist

Ini mah, udah terkenal banget ya. Ini aplikasi untuk bikin catetan tapi bisa dipake rame-rame–saya make sama si Tuan doangan. Jadi misalnya kalo ada kerjaan bareng, bisa di-share folder-nya dan ditandain mana-mana aja yang dikerjain sama siapa-siapa aja.

Wunderlist

Banyak yang udah lewat DL, euy! :|

Saya berencana buat ngereview aplikasi ini satu-satu (kecuali buat Scrivener), tapi nanti ya. Kalo udah agak lowong. :D

Saya balik nge-NaNo dulu.

2 Comments

  1. Fardelyn Hacky
    Nov 5, 2014

    Wowww…mba Octa keren banget alat tempur menulisnya. Canggih, euy! Soalnya satupun saya belum pernah lihat penampakannya, apalagi penggunaannya, wkwwk… *kudet :D

    • octanh
      Nov 7, 2014

      Soalnya pake Ms. Word doang biasanya berantakan gitu, Mbak Fardelyn. Kalo pelukis aja punya puluhan (sampe ratusan) kuas buat melukis, kayaknya–harusnya–kalo mau jadi penulis juga punya tools yang cocok dan bisa membantu biar lebih produktif. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)