#432: Ngomongin Podcast dan Cara Subscribe

Dibaca 90 kali

podcast

Note: Post ini dibuat khusus untuk Tuan Sinung karena susah ngejelasin tentang beginian lewat facetime. :| Sekalian juga buat Manteman yang pengen tahu tentang poscast dan gimana cara langganannya. 

Jadi, barang apaan itu podcast?

Ini:

Urban_Dictionary__podcast

Sederhananya sih, dia itu semacam audio blog yang awalnya emang mulai dibuat untuk dipublikasikan lewat iPod. Tapi makin ke sini, bisa diakses dari mana aja termasuk gadget Windows karena ada iTunes untuk Windows. Sementara untuk Android, kayaknya belum bisa tapi saya juga gak bisa bilang bakalan bisa apa gak ke depannya. Entah kalo ada tools unofficial-nya. :D

Jadi kalo mau ngeakses podcast, kamu harus punya iTunes dulu. Dan iTunes ini ada di semua gadget Apple dan ada untuk Windows.

Udah beberapa bulan ini (dari mulai pertengahan tahun ini) saya suka denger podcast dan langganan beberapa podcast yang isinya seputaran tulis-menulis dan review buku. Paling suka sih, kalo ada yang wawancara dengan penulis atau editor. Semua podcast yang saya langganan, emang pake bahasa Inggris soalnya … anu, saya juga gak nyari podcast lokal. Saya juga gak tau ada apa gak. Mungkin kalo saya bisa nabung buat beli mic, saya bikin podcast kali ya. :D Soalnya kemaren itu saya nyoba upload audio blog di SoundCloud dan ternyata, ada batas buat upload gitu. Jadi buat jangka panjang kayaknya kurang bagus. Sementara kalo upload podcast di iTunes gratis dan gak ada batasan besar file-nye berapa karena kita nge-hosting file-nya sendiri. Dan gak seperti SoundCloud yang cuma bisa diputer pas online, podcast ini bisa diunduh.

Saya dengerin podcast ini buat gantiin denger radio. Atau kalo saya lagi nyantai, tapi gak pengen ngebaca atau ngetik, saya dengerin podcast sambil tiduran. :cutesmile:

Baiklah, sekarang ke cara langganannya.

Pertama, buka iTunes –> klik podcast.

Menubar_and_iTunes

Trus bakalan kebuka pilihan podcast yang banyaaak … dan ngebingungin karena di halaman depannya ngumpul segala macam podcast dari segala macam kategori. Kamu harus pilih mana yang kamu suka dan pengen denger. Misalnya sekarang saya pengen nyari podcast tentang literatur.

iTunes-1

Literatur adanya di bawah kategori Arts.

Setelah diklik, begini tampilan halaman depan podcast literatur:

iTunes-2

… dan ini masih ngebingungin!

Kamu bisa liat podcast apa aja yang lagi hot, mana yang baru di-upload dan sebagainya. Kalo ada yang kira-kira menarik, silakan diklik untuk baca deskripsinya.

iTunes-3

Saya milih podcast dari Edinburgh International Book Festival yang isinya rekaman wawancara dan diskusi di sepanjang acara itu–ini acara tahunan.

Trus bisa diklik subscribe kalo kamu mau dapet notifikasi tiap kali ada podcast baru.

iTunes-4

Podcast ini udah saya dengerin semua, sih. Bener-bener worth it karena banyak hal yang didiskusikan oleh orang-orang yang kompeten (penulis, publisis, editor, penerbitan, reviewer) dan karena entah kapan saya bisa dateng ke EIBF, yah … saya dengerin ini dulu aja, deh. :D

iTunes-5

Dan podcast ini akan masuk ke list podcast langganan kamu. Saya kayak langganan blog di Reeder (atau aplikasi sejenis). Kalo ada edisi baru, bakalan ada notifikasinya dan–seperti yang saya bilang di atas–bisa diunduh.

iTunes-6

Dengerin podcast gini banyak ngasih info tentang industri perbukuan di luar dan yang paling penting, saya bisa ngedengerin diskusi yang untuk saat ini bakalan susah banget buat saya akses. Saya belum bisa jalan-jalan dan dateng ke diskusi buku. :mewek:

iTunes-7

Jangan lupa di-setting sesuai dengan kebutuhan kamu.

Udah, gitu aja. :D

Gampang kan, ya?

Kalo saya ada waktu, boleh juga saya tuliskan beberapa podcast menarik yang saya dengerin di blog ini. Buat penjelasan lebih lanjut tentang podcast ini, bisa langsung aja ke sini.

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. #518: Podcasts Bagus yang Saya Dengerin|Octaviani Nurhasanah - […] setahunan belakangan saya punya hobi baru; dengerin podcast. Saya juga udah pernah nulis di post ini tentang hal cara …
  2. #438: Leviathan Chronicle Audio Drama|Octaviani Nurhasanah - […] saya punya akses buat ngedengerin podcast–seperti yang saya ceritain di post yang ini–saya pun nyari-nyari drama radio. Kali gitu …

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)