#441: Gone Girl (Book and Film)

Dibaca 807 kali

GoneGirl6

Adalah salah nonton film ini pas kepala lagi sakit dan perut kembung setelah makan duren. Salah. :|

Awalnya saya cuma mau baca novelnya aja karena udah lama kayaknya saya gak nonton film. Gak ada waktunya. Hiks. Tapi karena review di IMDb bilang bagus dan saya juga penasaran sama Rosamund Pike yang katanya mainnya kece, saya pun nonton. Sekarang novelnya udah saya baca setengah jalan. Udah gak seru banget, sih. Tapi karena Gillian Flynn nulisnya bagus dan saya suka, jadinya saya tetep lanjutin baca. Bagaimanapun, yang namanya baca novel dan nonton film itu sensasinya beda, jadi yaaa … walaupun saya udah tahu itu ceritanya bakal begini-begitu, tetep aja saya bisa menikmati hal lainnya, kayak pemilihan katanya, dialognya, dan juga–menyusul–ending-nya yang beda sama di film.

Ngomongin apaan dulu ya, buku apa filmnya?

Errr … filmnya aja kali, ya. :D

Saya nontonya dipotong karena harus mandiin anak-anak dan ngerjain beberapa pekerjaan lain. Trus pas nonton setengah bagian lagi, saya udah capek. Jadi gak nangkep bener ceritanya gimana. Jadinya pas weekend kemaren saya nonton ulang pas anak-anak udah tidur biar bebas gangguan. Di situ saya baru ngerti kenapa Rosamund Pike ini dibilang kece mainnya; mukenye kagak nahan. :D

Ceritanya sendiri gelap dan gak bikin hepi. Saya inget perasaan yang sama juga saya rasain pas nonton Revolutinary Road. Ceritanya juga sama tentang pasangan suami-istri dan dramanya. Tapi yang ini, dramanya lebih dudul lagi. Lebih bikin penasaran karena nyaris di setengah film, penonton dibawa ke kondisi yang gak jelas gitu; jadi ini siapose yang jahat? Jadi ini si suaminya bunuh istrinya apa kagak?

Setelah setengah bagian pertama ini, baru deh itu ketahuan gimana-gimananya. Jadi kayak ada dua bagian yang beda, antara si suami, Nick, dengan istrinya, Amy. Cerita versi Amy ini kita tahu dari diary yang dia tulis. Yang mana, diary itu ternyata malah masuk rencananya dia buat semacam, apa yaaa … menghukum suaminya? Saya juga masih gak jelas sama motifnya karena gak terlalu dieksplor. Yang jelas sih kayaknya, Amy ngelakuin itu semua karena Nick udah gak jadi Nick yang seperti dulu dia kenal waktu pertama kali ketemu dan sebelum nikah. (Bukannya emang semua pasangan menikah mikir gitu, ya? Hahahaaa….)

Tapi untungnya (saya bilang untung karena kalo terlalu sempurna, malah jadi gak masuk di akal) cerita film ini gak kayak model thriller yang si otak pembuat rencana bisa menjalankan rencananya semulus-mulusnya. Untungnya …. Masuk di akal kalo di tengah ngejalanin rencananya, Amy juga mengalami banyak cobaan (halah, bahasa gueee …) yang akhirnya ngebikin arah rencananya gak terduga.

GoneGirl5

Saya suka filmnya. Cukup menghibur dan bikin saya penasaran walaupun mood-nya gloomy. Lighting-nya gelap dan scene outdoor-nya pun yah, gitulah … gak ada ceria-cerianya. Bikin konsep ceritanya secara keseluruhan jadi dapet banget gitu.

Sekarang saya jadi bertanya-tanya gitu. Penasaran. Jadi si Amy ini jadi begitu kenapa, ya? Apa karena masa kecilnya yang terlalu diekspos sama orangtuanya? Atau emang udah dari sononya dia begitu?

Berikutnya, saya mau nyelesein baca novelnya. Kalo saya bandingin–karena saya udah baca novelnya sebelum nonton filmnya walaupun dikit–saya ngerasa kalo novelnya lebih gloomy, lebih dark, dan saya ngebayangin si Amy mukanya lebih nyeremin dari itu. Ini si Rosamund Pike cakep bangeeet dan suaranya kayak agak gimana ya, kayak dibuat-buat gitu. Kayak dibuat biar rendah dan tone-nya kadang sinis. Waktu saya baca novelnya, saya ngebayanginnya dia ngomong biasa aja. Gak gitu-gitu amat.

Pembukaan novelnya sama dengan pembukaan filmnya. Setelah baca paragraf ini;

GoneGirl

… dan ngeliat scene ini;

GoneGirl4

… dua hal itu gak bisa hilang dari kepala saya. :|

Betewe, film dan novel ini bikin ngeri juga sih. Sama seperti quote di pembukaan novelnya;

GoneGirl1

… jangan-jangan kita gak tahu dengan baik siapa pasangan kita. Jangan-jangan pernikahan itu cuma kayak drama yang kudu dijalankan puluhan tahun. Jangan-jangan kebahagiaan atau apapun yang kita post di sosmed dengan hashtag #KeluargaBahagia #KeluargaKecilBahagia #Cintaku dan hashtag sejenis lainnya, sebenernya cuma kulit tipis di luarnya aja. Di dalemnya, siapa yang tahu. :D *nakut-nakutin*

Ada yang udah nonton juga? :cutesmile:

6 Comments

  1. fee
    Feb 28, 2015

    Keren novel dan filmnya. Cuma di novel lebih jelas kenapa Amt jadi seperti itu.

    btw. smilies2nya lucu mak. :cutesmile:

    • octanh
      Mar 18, 2015

      Iya, di novel juga ketara banget semacam perang naratif antara Ami sama suaminya. Kalo di film kan, keliatan banget itu si suaminya yang bener trus si Ami yang boong. Kalo di novelnya–entah kenapa–saya percaya kalo sebenernya mereka sama aja. :D

  2. aly
    Dec 28, 2014

    Saya masih nggak ngerti sama akhir dari filmnya mba, akhir ceritanya kok seperti gantung ya? Dan apa perbedaan akhir cerita di novel dengan film mba, maklum belum baca novelnya. Mohon pencerahannya mba

    • octanh
      Jan 2, 2015

      Aku beloman selesai baca novelnya, ini Aly. Jadi belom bisa bilang gimana-gimananya. Cuman sejauh ini, novelnya lebih seru dibanding filmnya. Mungkin karena diksi dan naratifnya agak beda. :D

  3. Fardelyn Hacky
    Dec 23, 2014

    Saya malah belum baca bukunya, hihiii… Mau beli, mungkin tahun depan, hahaa… *mentang-mentang tahun depan itu tinggal beberapa hari lagi :p
    Btw, mb octa, itu buku yang dibaca versi bahasa Inggris ya? Kalau ada versi Inggrisnya, pengen beli yang versi b.inggrisnya aja ding :D

    • octanh
      Dec 23, 2014

      Aku beli ibook-nya ini, Mbak Fardelyn. Abisnya yang buku cetaknya, susah didapetin di sini. Ini harganya 3 USD aja. :D Aku juga gak tahu apa ada yang udah diterjemahin atau belum, makanya beli yang bahasa Inggrisnya aja. :D

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)