#442: Persona Mas Kumbang

Dibaca 79 kali

IMG_7870

Mau cerita tapi agak bingung sih, sebenernya. Tapi karena saya juga gak mau bingung sendirian, boleh juga saya bagi ini ceritanya. :D

Cerita ini terjadi di sebuah forum yang suka saya ikutin tapi banyak SR (silent reader) doang. Entah kenapa kalo saya login susah masuk kalo dari sini. Pas di Selayar, gampang-gampang aja. :mewek: Saya gak mau bilang forumnya yang mana. Kalo penasaran banget, japri aja. Hahahaaa. :D Soalnya sampe sekarang, ini cerita masih belum ada ujungnya dan yang saya tulis di sini hanya sebagian yang menarik perhatian saya. Bukan cerita keseluruhannya yang jauh lebih panjang dan melibatkan lebih banyak orang.

Saya udah jadi member forum ini sekitar 3-4 tahun gitu lah. Jadi saya banyak tahu tentang apa yang diomongin oleh siapa di sana. Walaupun kita cuma liat orang itu dari ID-nya, tapi bisa ketauan sebenernya itu orang kayak gimana. Lagian, sebagian besar member forum itu emang sengaja gak pernah menceritakan banyak tentang kehidupan dia IRL karena semacam pengen ngasih batas aja. Tapi (lagi-lagi saya bilang) banyak anggota forum itu yang bisa dikonfirmasi siapa dia sebenarnya. Bisa diajak kopdar juga, kalo mau.

Saya lupa kapan mulainya, di forum itu mulai ada satu-dua ID yang ngasih info tentang seorang cowok ketjeh bernama, sebut saja, Kumbang. Mas Kumbang ini diceritakan sebagai orang yang nyaris sempurna; sholeh, ganteng, sosialita, dan rendah hati. Mas Kumbang ini dibicarain karena dia dekat dengan salah satu aktris. Lalu karena kemudian fotonya dipampang dan banyak member yang demen ama cowok ganteng, rame lah forum itu ngomongin si Mas Kumbang. ID-ID (lebih dari satu) yang menceritakan tentang Mas Kumbang ini, ngasih info seolah-olah mereka benar tahu dan pernah ketemu sama Mas Kumbang di dunia nyata. Sementara saya–dan para member jelata lainnya yang gak punya kenalan sosialita–cuma bisa ngangguk-ngangguk aja bacanya. Dan karena rame kisah cinta Mas Kumbang dengan aktris terkenal Indonesia itu, media besar pun ikut membicarakannya. Saya gak bilang media sejenis mading sekolah yang beritanya aneh-aneh kayak kapanmaning gitu. Tapi yang besar dan beberapa kali pernah diberedel itu loh…. *ngomong sambil bisik-bisik*

Lalu akhirnya banyak member yang menunggu cerita tentang si Mas Kumbang ini dan ID-ID yang kenal itu pun ngasih beberapa berita yang kadang dienkripsi saking mumetnya saya mengartikannya. Emang ada beberapa member yang demen maen teka-teki sih, di sana. :D Member jelata lain pun mulai menerima kenyataan kalo Mas Kumbang ini adalah sosialita dan masuk orang terkaya nomer di atas seratus di Indonesia.

Kecurigaan mulai timbul karena ada beberapa member yang cukup kritis dan mengadakan penyelidikan lebih mendalam. Mereka googling, nanya ke temen-temennya, dan sebagainya. Lalu salah satu member pun mendapat info dari temannya yang tinggal di salah satu negara yang terkenal dengan cowok cantiknya *sok penuh teka-teki* kalo foto yang ada di media-media Indonesia, yang dikenali sebagai Mas Kumbang ini, adalah aktor sekuter (selebritis kurang terkenal) di sana yang bernama siapaaa … gitu. Nama orang dari negara itu emang pada susah disebut. :|

Lalu, mulailah rame-rame member di forum tersebut bahu-membahu nyari identitas si Mas Kumbang ini. Masalahnya, ID-ID yang mengkonfirmasi kalo Mas Kumbang ini ada, adalah ID yang terpercaya–dulunya. Ditambah lagi, mereka bilang kalo pernah ketemu, pernah liat, dan sebagainya. Bukan cuma sekedar pernah baca atau pernah googling. Kalo Mas Kumbang ini fiktif, kok bisa-bisanya media besar di Indonesia kecolongan? Aktris yang katanya pacaran dengan Mas Kumbang ini pun, akhirnya ngasih klarifikasi kalo dia gak kenal sama si Mas Kumbang ini.

Jadi, apa Mas Kumbang ini persona yang diciptakan sama ID-ID tertentu untuk tujuan tertentu?

Tujuan apa? Yah, yang ada di kepala saya pas pertama kali kemungkinan ini diajukan salah satu member adalah; menipu. Yang kedua; publicity stunt. Tau kan, semacam; artes ini pacaran sama artes itu (padahal mah, kagak) buat naikin popularitas? Atau artes ini kenapa gitu yang diberitain besar-besaran dan bikin dia yang awalnya seolah ada di antah-berantah pun jadi terkenal.

Persona_-_Definition_and_More_from_the_Free_Merriam-Webster_Dictionary

Setelah kondisi di forum itu jadi gak menentu, mulailah muncul ID-ID lain yang ngasih info tentang Mas Kumbang ini dan mengaku sebagai keluarganya atau sepupunya. Tapi anehnya, gak ada yang berani mengkonfirmasi siapa dan gimana Mas Kumbang ini sebenernya. Mereka malah mengatakan kalo emang banyak yang make nama Mas Kumbang–yang katanya udah kadung terkenal–untuk menipu dan sebagainya. Penipu ini ngebuatin sosial media dan bahkan blog. Mas Kumbang ini juga punya halaman wikipedia (yang sekarang udah dihapus karena banyak komplain).

Sampai hari ini, Mas Kumbang gak pernah terbukti nyata. Kalo ada yang nanya; siapa sih, itu Mas Kumbang? ID-ID yang mengaku kenal akan bilang; tanya aja si A atau si B. Bahkan nama tokoh politik yang terkenal pas reformasi (trus beliau bikin partai) dan anaknya yang nulis buku trus sakseis difilmkan pun dibawa-bawa. Sementara beberapa member bisa ngasih bukti dengan nanya langsung ke orang-orang yang sekiranya tahu Mas Kumbang dan keluarganya dan hasilnya; mereka gak ada. :|

Saya sih, keukeuh kalo Mas Kumbang ini hanya persona yang dibuat oleh orang atau orang-orang tertentu entah untuk tujuan apa. Mungkin memang mau menipu, mungkin juga sekedar nyari popularitas. Tapi cara penciptaannya nyaris sempurna. Semua tentang Mas Kumbang ini rapi. Yang paling dudul emang karena si pencipta make foto aktor sekuter negara tetangga. Tapi, selain itu, semua rapi. Dari mulai masa kecil, keluarga, silsilah keluarga, dan lainnya yang diperlukan untuk membuat seseorang keliatan nyata di internet; ada. Saya sendiri sampai heran karena karakter Mas Kumbang ini akhirnya menjadi hidup. (Kapan yaaa … gue kalo bikin cerita karakternya bisa hidup kayak begitu? *getok-getok pala*)

Cerita dan investigasi tentang Mas Kumbang ini belum berakhir. Mengorbankan banyak member yang ditebas ID-nya (di-banned) dan hal-hal lain yang bikin ceritanya berkembang jadi lebih seru. :D

Saya ngikutin cerita ini sambil nge-screen capture apa-apa yang perlu. Yah, semacam riset gitu. Hahahaaa…. Siapa tahu saya mau bikin cerita kayak begini tapi kudu lebih canggih dong. Kalo di forum itu pan, dalam hitungan hari, dabrusan beberapa ID tentang Mas Kumbang ini bisa langsung tumbang. Nah, saya harus cari cara biar gak kayak gitu. Oh, kalo ada yang tanya kenapa banyak yang percaya tentang Mas Kumbang ini dan juga persona yang dibuat oleh penciptanya, jawaban saya; banyak dari kita males nyari tahu, males riset, males baca, gampang percaya cerita bombastis bin hoax. :|

Sayangnya, kalopun saya ngasih tahu nama Mas Kumbang ini dan kamu googling, hasilnya bisa jadi gak ada karena forum tersebut udah bikin sensor (namanya dibintang-bintangin). Tapi di media besar lainnya, beritanya masih ada. Saya pengen ngasih tahu siapa dan gimana Mas Kumbang ini. Tapi saya gak berani karena masih abu-abu ceritanya. Semoga media besar menyadari ada yang gak beres, deh. Trus beritanya jadi besar.

Jadi, Manteman … jangan gampang percaya. Kalo ada berita cek kebenarannya ampe 7x kalo perlu. Gak bisa bersandar pada media tertentu yang udah besar dan terpercaya karena bisa kecolongan juga kok itu ternyata–dan sampe sekarang itu media belom ngeh kayaknya. :|

Yah, gitulaaah~

Dingin ih, di sini. Hujan melulu. Di sana gimana, Manteman? :D *OOT*

2 Comments

  1. octanh
    Jan 1, 2015

    Ini beritanya, Nurin: http://www.tempo.co/read/news/2013/12/04/219534521/Sandra-Dewi-dan-Orang-Terkaya-ke125-Ada-Apa

    Cowok yang diberitain itu, fiktif. Keren, ya? Sampe bisa ngecoh media sebesar itu. :D

  2. Nurin Ainistikmalia
    Jan 1, 2015

    jadi Mas Kumbang ini sopo?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)