#449: Nasehat Paling ‘Jleb’ yang Pernah Kamu Dapatkan

Dibaca 285 kali

IMG_8450

Kemaren malem sambil ngetik-ngetik gajebo (gak jelas bok), saya denger podcasts langganan saya tapi diacak gitu. Jadi saya juga udah gak ngeh juga itu yang lagi didengerin podcast yang mana karena kebanyakan podcast yang saya suka temanya sama aja. :|

Tapi saya masih inget salah satu podcast yang ngebahas tentang nasehat apa yang paling keren yang pernah kamu dapatkan, atau yang paling jleb, atau yang paling mempengaruhi hidupmu. Sebenernya saya rada udah imun gitu sama kisah penuh hikmah atau ceramah kayak Mario Teguh–gak tahu kenapa. Mungkin karena udah kebanyakan denger dan baca yang kayak gitu kali, ya. Dan yang dibicarain itu-itu aja. :| Jadi saya lebih suka ngebaca curhat-curhat orang di forum (yang anonim gitu). Jadi keliatan gitu sebenernya masalah orang tuh apaan aja dan gimana solusi yang dikasih sama orang lain. Salah satu forum yang sering saya baca, ya Kaskus, trus ada beberapa yang lain. *ngaku*

Duluuu … banget, saya suka sama nasehat “be your self”, yang mana sekarang sangat saya pertanyakan maknanya; diri saya yang mana? Yang seperti apa? Karena rasanya gak ada yang namanya one true self. Setiap orang lahir tanpa label dia begini begitu. Mereka akhirnya menjadi dirinya, bukan menemukan dirinya. Mereka sendiri yang membuat dirinya jadi begini dan begitu. Dan itu bisa berubah seiring waktu. Saya hari ini, bisa jadi, bukan saya yang kemaren dan bukan juga saya yang besok. Jadi saya harus jadi diri saya yang mana?

Trus beberapa malam yang lalu, saya–seperti biasa–susah tidur dan akhirnya saya baca-baca forum. Maksudnya sih, biar ngantuk gitu. Saya nemu satu tulisan yang menurut saya bagus dan nasehatnya sesuai dengan keadaan saya pas waktu baca. Masih sesuai sama keadaan saya hari ini, sih. Sampe sekarang, setelah beberapa hari berlalu, nasehat itu masih ‘jleb’ gitu.

Ini link forumnya, silakan baca sendiri: Untuk Selalu Merasa Diuntungkan

Intinya sih, kita harus ngerasa apapun yang terjadi itu menguntungkan kita. Bahkan sampe hal-hal yang buruk sekalipun. Misalnya aja kamu berantem sama temenmu karena hal yang prinsipil sampe kalian akhirnya gak temenan lagi, ya itu menguntungkan bagi kedua belah pihak–bukan kamu doang. Kamu gak perlu temenan lagi sama dia (jadi ada seleksi temen gitu kan, jadinya) dan dia juga gak perlu temenan lagi sama kamu dan bisa nyari teman seide lainnya. Dua-duanya jadi untung, kan.

Misalnya aja kamu gak jadi nikah, ya itu untuk keuntungan dirimu sendiri. Siapa tahu semua itu terjadi karena kamu masih dikasih kesempatan untuk menemukan yang lebih baik.

Pokoknya apapun, merasa diuntungkan aja. Itu ngebikin kamu lebih mudah bersyukur juga. :cutesmile:

Ada tiga nasehat tambahan dari tulisan di forum itu yang saya setujui; what we resist persists, we attract what we feel, dan faith gets stronger by exercising it.

Kemaren ini, saya juga baru aja ngalamin kejadian yang bisa dibilang gak bagus, sih. Saya udah cerita di beberapa post sebelum ini dan dudulnya saya juga gak kecewa-kecewa amat. Gak yang sampe merong-merong gimana gitu padahal perjuangannya lumayan juga. Hahahaaa…. Mungkin salah satunya karena emang dari awal saya gak punya ekspektasi tinggi sama apa yang saya kerjakan. Pokoknya apapun hasilnya, saya bakalan suka kok. Yang kedua, karena malem itu Tuan Sinung bilang sama saya, “Yah, mungkin ini tuh semacam tanda kalo kita harus ngusahain yang lain.”

Mungkin itu juga yang ngebikin saya, dari awal tahun ini, kalo nerima email penolakan dari manapun (terutama dari penerbit) udah bisa masang muka biasa aja apapun yang ditulis di sana. Yah, untung ditolak, jadi masih ada kesempatan buat revisi dan kirim ulang. :D

Pernah ngalamin kejadian kayak gitu gak, Manteman? Dapet hal yang gak sesuai keinginan dan harapan tapi malah merasa diuntungkan? :cutesmile:

2 Comments

  1. arifromdhoni
    Jan 22, 2015

    Kalau kata saudara saya, “insyaa-allaahu kulluhu khayr” :) :oops:

  2. Rosa
    Jan 20, 2015

    Saya pernah mbak :D
    yah, siapa lagi yg mau meredam kekecewaan kita, kalo bukan kita sendiri… salah satunya caranya ya dg merasa diuntungkan itu :))

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)