#504: Akhirnya Datang Juga: Writer’s Block

Dibaca 99 kali

IMG_9536Tempat di foto ini memorable banget buat saya. Saya udah jatuh cinta sama jalan ini sejak pertama kali saya melihatnya–sejak saya belasan tahun. Di awal musim penghujan, akan ada bunga berwarna orens, merah, dan kuning keluar dari pohon–entah apa namanya. Waktu saya ke sana kemarin, semua kelihatan hijau aja. 

Selama ini saya gak pernah mengalami yang namanya writer’s blockBukan karena saya mudah buat nulis apapun, tapi karena saya punya banyak hal yang bisa ditulis dan pengen saya tulis. Jadi saya selalu aja ada bahan. Tapi sebulan belakangan ini, saya sepertinya mengalami apa yang sebelumnya gak pernah saya alami: punya banyak bahan tapi gak tahu gimana harus menuliskannya.

Bulan lalu diakhiri dengan drama bikin paspor, lalu pindahan ke Jakarta, mengurus rujukan sampai ke RSCM dari Puskesmas untuk Isha, dan sekarang–sambil menulis post ini–saya masih bingung di mana saya bisa kehilangan handphone.

Ritme hidup saya berubah cepat–setidaknya lebih cepat dari biasa. Sekarang saya pun ada di Jakarta, di kota yang pertama kali saya menginjakkan kaki turun dari pesawat, gemetar rasanya badan saya. Tapi saya harus di sini. Saya harus pindah ke sini demi Isha dan juga demi kewarasan saya. Yang ketika saya jalan-jalan di dekitar Munjul dan Cibubur, sudah banyak yang berubah sampai-sampai sepertinya mudah untuk tidak mengenali tempat ini lagi.

Awal Maret ini, saya sudah berencana untuk kembali ke rutinitas saya yang biasa; duduk di depan laptop empat sampai enam jam sehari untuk menulis, tapi ternyata gak bisa. Banyaaak hal yang harus dilakukan. Entahlah…. Padahal ada novel yang menunggu untuk di-review, ada banyak cerita yang menunggu untuk dilanjutkan.

Oh, entahlah~

Tapi hari ini saya mau menulis lagi karena kalau tidak, saya tersiksa. Itu bagian dari diri saya. Itu cara saya untuk hidup, untuk terus bisa bersyukur.

Baiklah! Mari menulis. Mulai hari ini~

14 Comments

  1. Nurin Ainistikmalia
    Mar 19, 2015

    Haiii Mbak,,, lama tak dengar kabarmu…. pantesan aku lama gak lihat updatean blog,,, aku juga termasuk salah dua yang selalu nunggu tulisan di blog ini. :)

    Aku juga udah lama gak update blog,,, semacam butuh waktu untuk tidak berfikir apapun kecuali memikirkan sebenarnya apa yang benar2 kita butuhkan dalam hidup, apa tujuannya dan semacam itu… :cutesmile:

    • octanh
      Mar 21, 2015

      Nuriiin~ Yah, begitulah, Nurin. Kadang pengen nulis buat blog tapi kayak kehabisan bahan. Hiks. :mewek:
      Beberapa waktu belakangan aku udah mulai nulis, sih. Tapi gak buat blog. Cuma nulis cerpen atau lanjutin draft novel. Tapi buat nulis kan perlu baca, setelah baca macem-macem, bawaannya pengen nulis. Makanya aku jadi kepengen rutin nulis lagi. Banyak bahan buat ditulis ini dan menarik-menarik banget. :D
      Besok deh, nulisnya…. *procrast*

  2. Nabila
    Mar 18, 2015

    Pemandangannya dimana kak? Adem banget. Saya juga suka dengan jalan-jalan setapak yang rimbun, sunyi dan aman. Biasanya ide-ide langsung menghampiri kalau ditempat seperti itu. Tapi kayaknya ga ada kursi-kursinya ya? Hehe Comment :oops:

    • octanh
      Mar 21, 2015

      Ini di bagian belakang Bumi Perkemahan Cibubur, Mbak Nabila. Rumah saya kan, deket situ. Duluuu … banget pas saya masih SMP/SMA, kalo maen ama temen-temen, ya ke sini ini. Enak banget suasananya. Sekarang udah banyak berubah tapi jalanan favorit saya masih kayak dulu ternyata. Iya, gak ada bangku-bangkunya tapi rumput di sekitar tempat ini bersih banget. Bisa duduk-duduk di sana. :D

      Salam kenal ya, Mbak Nabila. :cutesmile:

  3. Rosa
    Mar 16, 2015

    Saya satu dari -entah berapa banyak orang- yang nunggu2 blogpost Mba Octa selama beberapa waktu tiba2 nggak pernah posting baru :)

    • octanh
      Mar 18, 2015

      Aaaak~
      Ada juga yang nungguin post di blog ini. *lalu mewek terharu* *peluk Mbak Rosa*
      Tapi ini aku udah mulai mood buat nulis lagi. Semoga bisa kayak dulu. Abis agak sibuk *halah* akhir-akhir ini. :D

  4. menik
    Mar 14, 2015

    mbaaaaaaaaak kangen baca tulisan-tulisanmu :D
    semoga diberi kelancaran untuk semua urusannya ya mbak, semoga Isha cepat sembuh :cutesmile:

    • octanh
      Mar 18, 2015

      Makasih, Mbak Menik. Aamiin. Saya juga kangen mulai nulis-nulis lagi ini. :D Walopun cuman nulis curhat geje. :D

  5. Ila Rizky
    Mar 14, 2015

    Semoga Isha lekas sembuh ya, mba. Writer block biasanya terjadi kalo ada masalah di dunia nyata. Aku juga pernah ngrasain hal itu. Tapi dibikin rileks aja, dengan mulai cerita yang ringan2, sekadar untuk curhat apa yang dirasain, biar rasa legaan. Semangat, mba Octa.

    • octanh
      Mar 18, 2015

      Semangaaat, Mbak Ila~

      Ini udah mulai semangat lagi sayanya. Cuman masih belum bisa ngambil waktu banyak buat nulis blog ini. :mewek:

  6. Fardelyn Hacky
    Mar 14, 2015

    Awal dari mengatasi Writer’s block adalah dengan menulis blog. Mantap mbak, senuah awal yang bagus :D

    • octanh
      Mar 18, 2015

      Ish, it’s rhyme! :D

      Kangen nulis lagi ini. Tapi gimana yaaa~ *urek-urek keyboard*

  7. leyla hana
    Mar 13, 2015

    Wah, ternyata ada di Jakartaaa…. bisa ikut banyak acara-acara kepenulisan, mbak :D Semoga cepat sembuh, Isha. Kangen nih ma mbak Okta.

    • octanh
      Mar 18, 2015

      Iya, Mbak Leyla. Lagi ada di Jakarta ini. Tapi gak lama kayaknya. Cuma sampe Mei, insya Allah. Pengen deh, ikut acara apaaa gitu. Kemaren saya baru ikutan kelas makeup dari Wardah. Trus hape ilang. Jadi agak kurang apdet ini sama perkembangan di luaran sana. :mewek:

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)