#515: [Travel Journal] Bali-Day 2

Dibaca 130 kali

IMG_0673

“Ini gaya default kalo lagi di Bali. Kalo di tempat lain, gaya default-nya lain lagi,”–Sarah, 20 tahun, sudah punya Bang Patjar.

GARUDA WISHNU KENCANA

Semaleman, saya udah tidur enak banget. Pagi-pagi dapet sarapan yang enak-enak pula. Saya makan croissant sampe tiga potong. :D *gak tau malu* Abisnya enak banget, sih. :D

Malam sebelumnya, Sarah minta tolong sama resepsionis hotel untuk mencarikan sewa motor. Di Bali, bakalan susah banget ke mana-mana kalo kamu gak punya kendaraan. Emang ada bus semacam Busway dan harganya murah (hanya sekitar Rp3.500,-), tapi tetep aja, buat bisa sampai ke tempat-tempat terpencil yang kamu pengen dengan lebih enak dan cepat, sewa motor tetep jadi pertimbangan utama. Sewanya murah aja, Rp60.000,- per hari. Ada yang lebih murah lagi sih, Rp50.000,- per hari. Tapi harus dateng ke tempat persewaannya. Karena saya dan Sarah gak mau ribet, saya minta motornya diantarkan ke hotel dan nanti setelah selesai, dijemput lagi. Kuncinya tinggal saya titipkan di resepsionis.

Photo on 5-9-15 at 8.10 AM #2

Foto dulu di kamar sebelum jalan-jalan. :D

Sewa motor ini gak ribet, kok. Cuma perlu fotokopi KTP aja dan mengisi surat perjanjian–tapi dikit aja kok yang perlu diisi.

Jam sembilan pagi, berangkatlah kamu ke tujuan pertama hari ini; Garuda Wishnu Kencana.

Jaraknya cuma 14 kilometer dari hotel;

Best_Western_Resort_Kuta_to_Garuda_Wisnu_Kencana_Cultural_Park_-_Google_Maps

Pagi itu juga jalanan gak terlalu ramai dan gak macet juga. Sampai di sana sekitar jam setengah sepuluh. Yang saya suka dari jalanan Bali di daerah kotanya, selain karena besar (jadi gak umpel-umpelan), juga bersih. Gak ada itu sampah berserakan di mana-mana. Begitu juga di depan pintu masuk GWK yang bersih dan rapi banget.

Apa sih, yang dicari ke GWK?

Liat patungnya, dong … dan liat pertunjukan Tari Bali. :cutesmile:

IMG_0468

Sampai di pintu masuknya sih, jam setengah sepuluh. Perlu setengah jam lebih untuk sampai ke loket pembelian tiket karena … anu, sibuk foto-foto. :D

IMG_0494

Hari itu, ada rombongan anak-anak SD di depan loket pembelian tiket. Jadi agak ramai juga, sih. Untuk tiketnya sendiri harganya ada yang dipaket dengan makan siang di restoran yang ada di dalam GWK (harganya ada yang Rp150.000,- dan Rp250.000,-). Paket ini termasuk enak banget kalo kamu ada rencana untuk ada di GWK sampai sore atau malam. jadi gak perlu mikirin mau makan di mana lagi. Tapi saya dan Sarah beli tiket masuknya aja; Rp50.000,-. Untuk makan siang, saya udah niat banget pengen nyobain Nasi Pedas yang ada di depan Joger Jelek. :D Terkenal banget itu Nasi Pedas, soalnya. Kan, jadi penasaran. :D

IMG_0503

Harga tiketnya beda antara turis lokal (Rp50.000,-) dengan turis asing (Rp100.000,-). Dengan tiket ini, kita udah bisa menikmati GWK yang pemandangannya keren banget plus nonton pertunjukan Tari Bali yang jadwalnya tetap setiap hari. Jadi kalo pun kamu datengnya siang, kamu masih bisa menonton pertunjukan tarian yang diadakan siang sampai malam hari. Gak perlu takut ketinggalan gitu. Tapi, khusus untuk pertunjukan Tari Kecak, hanya ada di malam hari. Saya dan Sarah gak bisa nonton, deh. Lain kali–karena saya udah tahu jadwalnya–saya akan bikin jadwal untuk datang ke GWK siang sampai malam. Soalnya saya pengen banget liat Tari Kecak. :mewek:

IMG_0499

Tempat pertunjukan ada di mana-mana, di sekitaran GWK.

Ada yang di Street Theater:

IMG_0833

Yang lokasinya enak banget kayak begini:

IMG_0832

Paling sering sih, pertunjukan ada di amphitheater-nya. Saya nonton pertunjukannya dua kali, yang jam sepuluh dan jam sebelas aja soalnya jam dua belas, saya dan Sarah mau ke Ubud. Takut kemaleman pulangnya kalo kelamaan ke GWK.

IMG_0519

Barong.

Pas masuk ke amphitheater-nya, pengunjung akan diberikan kertas yang berisikan penjelasan tentang tarian yang akan dibawakan. Selain itu, nanti akan ada pembawa acara yang juga menjelaskan lebih detail.

Pertunjukan yang jam sepuluh, saya hanya menyaksikan bagian akhir tariannya–karena masuknya terlambat. Tapi di pertujukan jam sebelas, saya menonton semua tarian yang dibawakan. Ada tiga tarian:

1. Tari Kembang Jepun (yang juga jadi tarian maskot Kota Badung)

IMG_0639

Tarian ini gerakan gemulai seperti kelopak bunga yang ditiup angin. Bener-bener cantik. Saya ngambil video-nya sih, tapi belum diedit. Hiks. :mewek:

2. Tari Topeng

IMG_0652

Kalo tarian ini, agak lucu. Penarinya juga berinteraksi dengan penonton. Karena melihat saya sibuk memoto dengan kamera, penarinya melambaikan tangan ke arah saya dan minta difoto dengan gaya seperti di atas, dan seperti ini:

IMG_0656

Trus setelah difoto, saya dikasih blow kiss. :D

3. Tari Ksatria (saya lupa judulnya, tapi tarian ini menceritakan tentang ksatria yang gagah berani menjaga daerahnya).

IMG_0657

Komentar saya sewaktu nonton tarian ini, “Itu penari cowok tapi kok lemes amat, yaaa?” Trus saya melongo. Soalnya bener-bener deh, itu penari tangan dan gerakannya luwes banget walaupun tariannya menceritakan tentang prajurit yang gagah dan berani. Dan anuuu … penarinya pada cakep-cakep. :D

IMG_0520

Setelah menonton tarian, saya dan Sarah lalu jalan-jalan ke Lotus Pond. Ini adalah bagian terbesar dari GWK yang pas ada di tengah-tengah.

Lanjut ke post berikutnya ya, Manteman. Karena khusus untuk lokasi-lokasi di dalam GWK, ceritanya panjang juga. Banyak yang mau diceritain soalnya. :cutesmile:

Post sebelumnya tentang keberangkatan, akomodasi, dan di mana saya beli oleh-oleh, bisa dilihat di sini.

1 Comment

  1. iis
    May 26, 2015

    weekend ini aq k gwk juga ta..thanks udh gambarin gwk yaa… :cutesmile:

Trackbacks/Pingbacks

  1. #516: [Travel Journal] Bali-Day 2 (Part-2)|Octaviani Nurhasanah - […] 2. Tentang Tarian Bali┬ádan GWK (Part-1) […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)