#526: Once in a Blue Moon

Dibaca 22 kali

bluemoonGambar dipinjam dari sini

Menurut salah satu tante saya yang dulu waktu saya kecil ikut mengasuh saya, saya-kecil sangat suka melihat bulan. Sampai sekarang saya masih suka, sih. Itu yang ngebikin saya masih berharap bisa membeli teropong suatu saat nanti. Beberapa kali saya melihat peneropongan di Planetarium Jakarta. Bukan cuma melihat bulan, tergantung waktunya, kadang ada peneropongan Jupiter, Saturnus, Mars, dan lainnya. Suatu ketika saya melihat peneropongan Venus, saya baru tahu kalau Venus itu seperti bulan yang bentuknya berubah-ubah; dari bulat sampai seperti sabit. Hari itu saya melihat Venus yang bentuknya nyaris seperti bulan-separuh.

Saya tidur cepat malam ini dan bangun cepat juga. Sekarang hampir jam tiga dini hari dan saya sudah terjaga sejak setengah jam yang lalu. Alasannya; saya ingin melihat bulan. :cutesmile:

Malam ini, ada blue moon.

Sayangnya, ini gak ada hubungannya dengan bulan yang berwarna biru–seperti suatu ketika saya melihat blood moon dan memang warna bulan ketika itu sedikit merah atau ketika ada super moon dan saya sendiri gak yakin apa bulannya benar-benar terlihat lebih besar. Memang kadang bulan bisa berwarna biru dan biasanya terjadi di suatu tempat yang baru saja mengalami letusan gunung berapi. Misalnya aja waktu letusan Gunung Karakatau, selama berbulan-bulan orang melihat bulan warnanya biru.

Blue moon malam ini lebih ke istilah aja, sih. Kalau ada dua purnama di satu bulan, maka purnama yang kedua disebut blue moon. Bulan ini, ada dua purnama di awal dan akhir Juli. Kejadian yang sama terjadi tiga tahun lalu, 2012. Kejadian berikutnya sekitar Januari dan Maret 2018. Lalu ada jeda lama sebelum blue moon berikutnya di Januari dan Maret 2037.

Penjelasan selengkapnya, bisa dilihat di video ini:

Saya cuma keluar sebentar tadi, sebelum mengetik ceracau pagi paling pagi yang pernah saya tulis ini. Lalu membuat kopi dan berencana untuk tidak tidur lagi. Tapi saya juga gak tahu mau ngapain. Mau ngeliat bulan lagi, di luar banyak nyamuk. Hiks. :mewek:

Oh, kemarin saya abis nonton Coherence, sih. Apa ngereview aja, ya? *lalu galau*

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)