#563: Jangka, Jarak, Jeda (dan Curcol Lainnya)

Dibaca 64 kali

jangka

Ini karena banyak yang nanyain; kenapa gak bikin cerpen/novela/novel dengan setting Amerika. Salahkan mereka. :D

Gak sih, salahkan saya juga karena entah kenapa nggak tertarik untuk bikin yang kayak gitu…. Tapi karena saya perlu pengalih-perhatian dari draft yang sulit ditulis, jadi saya buatlah cerita ringan, romens, tentang mahasiswa di Amerika. Judulnya ‘Jangka’ karena cerita ini saya buat dengan rencana dan timeline; bahwa saya menulisnya dalam jangka waktu tertentu, untuk memberi jarak pada draft yang lain, dan sebagai jeda sementara waktu.

Karena saya nggak bisa kalo nggak nulis. Karena itu pula, slogan semacam; nulis itu terapi, nggak berlaku buat saya akhir-akhir ini. Saya nulis bukan untuk terapi; kalo ada masalah baru nulis biar masalah jadi enteng. Tapi sebaliknya; saya nulis biar nggak ada masalah dengan diri saya sendiri. Di hari di mana saya menulis dan hasilnya bagus–menurut saya–rasanya, saperti ada yang ‘selesai’. Saya seperti punya sumber energi untuk melewati hari. Semacam; apapun yang terjadi hari ini, gue udah nulis bagus, gue akan baik-baik aja.

Susah nih, ngejelasinnya. Semacam kalo kamu lagi diet, paginya kamu berhasil untuk nggak makan lontong sayur pake telor dua, tapi kamu makan buah. Jadinya, kamu akan punya perasaan semacam; puas dan apapun yang terjadi nanti siang sampai malam, kamu udah makan sehat paginya. :D

Masalah dengan harus nulis setiap hari ini cuma satu kalo buat saya; saya harus rela kalo ada banyak hari di mana tulisan saya nggak bagus. Akan banyak hari juga di mana saya nge-delete tulisan hari sebelumnya. Tapi cara ini akan bikin draft selesai karena banyak novel yang ditulis hanya dengan si penulis rutin menulis nggak sampai satu jam sehari. Kalo misalnya saya nulis satu jam sehari dan dapetnya cuma 800-1000 kata, dalam satu pekan, saya bakalan dapet 4200-7000 kata dan itu banyak!

Masalah lain adalah; sejak gabung di Storial, saya jadi makin sering panik. Perkiraan saya sebelumnya; saya nulis, posting, dan semua akan baik-baik saja. Ternyata nggak seperti itu. Saya baru sebulan gabung dan salah satu draft saya jadi Editor’s Pick pekan ini. Lalu jadi tulisan popular minggu ini dan bulan ini. Sebelumnya, draft ini naik terus view-nya dan sampai ketika tulisan ini dibuat, sudah sampai 3600 kali dibaca. Dan itu bikin saya mules…. :mewek: Dan ditambah dengan, entah gimana caranya, foto saya nampang di pengarang minggu ini dan pengarang bulan ini. Dan itu ngebikin–tiba-tiba–banyak yang mengikuti saya di sana.

Huft. Sebenarnya ini bagus … kalo saya punya ketahanan untuk jadi populer. :D

Saya maunya cuma nulis, setelah itu, yaudaaah~ Dan ini sesat untuk penulis jaman sekarang karena mereka diminta untuk aktif di sosial media, punya public speaking yang bagus, bisa menghadapi kritik sebaik menghadapi pujian. Sementara saya maunya nulis dan sembunyi aja di gunung kayak Murakami.

Tapi nggak apa-apa, sih. Buat latihan. :D

Jadi, itu draft baru saya; Jangka. Setting-nya–seperti banyak yang minta–Amerika dengan Ph.D. student sebagai karakternya. Semoga draft ini saya bisa selesaikan dengan mulus dan kalo ada yang baca, saya nggak canggung lagi kayak kasus Lovegarithms–yang kayanya buka Storial aja udah keringet dingin duluan. :D Ini bukan karena takut kritik atau pujian, sih. Tapi gimana, yaaa … tahu kalo tulisan dibaca banyak orang, bikin saya panas-dingin.

Yah, gitu lah.

Kalo mau baca dan ngikutin draft ini, silakan. Kalo saya lama nggak bales komen kalo ada yang komen, mungkin saya lagi panas-dingin aja. :cutesmile:

Oh, BTW, kaver Jangka itu saya dapet dari picjumbo dengan lisensi CC (Creative Commons). Ada satu lagi website yang saya suka untuk download foto gratis dengan lisensi CC juga –> Unsplash

2 Comments

  1. kholis
    Oct 12, 2016

    tambahin mba, 500px itu stok fotonya juga banyak

  2. mita
    Oct 12, 2016

    ahahahaa…. :lol:

    keren mbak ceritanya… aku suka banget… dari awal baca saya udah kira bakal keren hehee

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)