Libur Idul Fitri akan segera berlalu. Saya antara senang dan enggak, sih. Senang karena akhirnya saya bisa kembali ke rutinitas seperti biasa. Beberapa orang mungkin enggak suka rutinitas, tapi saya suka; saya merasa dengan jadwal dan kegiatan yang nyaris sama setiap hari, saya bisa melihat sejauh dan sebanyak apa yang sudah saya kerjakan. Lebih mudah melihat progress juga.

Karena mood belum bagus dan hawa liburan masih terasa, saya mau memulai dengan memindahkan tutorial craft dari blog lama ke blog ini saja dulu.  

Cerita sedikit dulu, deh. Hahahaaa….

Waktu membuat tutorial ini, sekitar Februari tahun 2013, saya sebenarnya hanya sedang bingung saja. Saya punya banyak pita organdi tapi enggak banyak yang bisa saya lakukan dengan pita-pita itu karena biasanya, pita organdi hanya dijadikan pelengkap. Jadi, saya utak-atik bagaimana caranya agar pita ini bisa jadi bahan utama, bukan lagi pelengkap. Apalagi pita ini harganya murah. Waktu itu saya beli sekitar Rp5.000,- pergulung.

Hasilnya, saya berhasil membuat dua desain. Yang akan Manteman baca di tutorial ini, salah satunya. 

Tutorial untuk desain yang satu lagi, menyusul, yaaa…. Tingkat kerumitannya sama aja, sih. Tapi memang tutorial yang ini lebih sedikit makan waktu menurut saya.

Kita mulai, ya…. ^^

Alat dan Bahan

1. Pita organdi. Saya memakai pita dengan motif polkadot. Di toko bahan kerajinan tangan, ada banyak motif pita organdi yang lain, enggak hanya yang polos saja. Pilih yang paling kamu suka.

2. Pita rajut. Ini optional aja, sih. Bisa diganti dengan pita apapun yang kamu suka.

3. Jarum dan benang. Warnanya enggak harus senada tapi saya lebih suka pakai yang mirip warnanya. Menghindari kemungkinan benangnya kelihatan aja, sih.

4. Gunting.

5. Lem tembak (hot glue).

6. Peniti untuk bros.

Cara Membuat

1. Potong pita sepanjang 80-90 cm. Lipat dua dan pertemukan kedua ujungnya. 

2. Kita akan membuat bagian dalam bunga mawar dari ujung ini. Gulung beberapa kali sampai ujungnya enggak kelihatan lagi.

3. Jahit bagian bawa gulungan itu. Ingat ya, Manteman; bagian bawahnya saja. Jangan matikan benang karena kita masih akan menjahit sisa pitanya.

4. Jahit jelujur bagian bawah pita dan pastikan jahitan itu dekat dengan tepian pita. Buat besar tusuk jelujurnya dan jangan terlalu ditarik ketika menjahit.

5. Matikan benang dan hasil yang kamu dapat, kira-kira seperti gambar di samping. Kamu harus pastikan kalau pita itu sudah berkerut tapi enggak terlalu rapat. Ini mainan feeling, sih. Jadi agak susah juga dijelaskan. 

6. Mulai gulung pitanya dari bagian dalam. Sambil digulung, sambil dirapikan.

7. Setelah selesai, ambil jarum, lalu mulailah menjahit bagian bawah gulungan dengan cara menusuk sampai tembus.

8. Kamu harus menusuk dengan kuat karena gulungan ini cukup tebal.

9. Ulangi dari arah berlawanan sampai kamu yakin kalau bagian bawah gulungan cukup rapi dan enggak akan lepas.

10. Jadinya, seperti gambar di samping. ^^

11. Sekarang, ambil pita rajut sekitar 30 cm. Jahit bagian bawahnya sambil ditarik.

12. Buat jadi lingkaran. Ini akan kita jadikan dasar untuk meletakkan bunga mawar dari pita organdi tadi.

13. Tempelkan gulungan bunga mawar dengan menggunakan lem tembak. Pastikan kuat dan lemnya rapi, ya.

14. Saya menambahkan potongan lingkaran kain flanel untuk bagian bawahnya agar lebih rapi saja.

15. Baru setelah itu tempelkan peniti bros.

16. Selesaaai~!

#Enggak sulit, kan? Selamat mencoba~