#84: Resep Roti Sobek Menul-Menul

Dibaca 40,383 kali

Siapa bilang bikin roti itu susah? Lebih susah bikin bolu lho.

Di kulkas ternyata banyak bahan sisa yang sayang banget gitu saya ngeliatnya. Masih ada tepung Cakra pula satu kilo. Walopun udah dipake-pake buat bikin kue sus minggu lalu, sisa bahan-bahan ini herannya kayak gak berkurang. Karena saya males ngerjain kue yang susah, saya memutuskan bikin roti aja. Yang gampang, yang bikinnya bisa sambil gegoleran di lantai.

Biar gak capek ngulenin adonan rotinya, saya pakai mixer dengan pengocok yang spiral (yang khusus untuk roti). Cuaca yang panas dan kering bisa membuat ragi yang digunakan untuk roti mengembang dengan lebih baik. Kebetulan pula, hari ini cuacanya panas dan kering, jadi sepertinya ini saat yang pas buat untuk membuat roti. Saya juga lagi males berkreasi macem-macem buat membentuk rotinya. Jadi, saya bulet-buletin aja. Tiap buletan saya isi selai stoberi sama choco chip sisa menghias kue sus kemaren. Saya susun aja gitu di loyang bolu sama loyang cake. Eh ternyata jadinya bagus juga. Keliatan menul-menul lucu gitu. :lol:

Lain kali saya mau coba pakai cup cupcake besar yang nyisa banyak. Kayaknya bakalan lucu juga.

Oh, satu lagi dan penting: jangan memasukkan ragi, margarin, dan garam dalam waktu bersamaan. Raginya bisa gak ngembang. Jadi, masukkan dulu raginya, setelah setengah kalis, baru masukkan mentega dan garamnya.

Sebelum dipanggang….

Setelah dipanggang….

Yang di loyang cake:

Sebelum dipanggang….

Sesudah dipanggang….

Tampak dalam….

Cukup mengiurkan, kan? :cutesmile:

Baiklah, ini resepnya:

RESEP ROTI SOBEK MENUL-MENUL

  • 500 gr tepung terigu protein tinggi (saya pakainya Cakra Kembar)
  • 100 gr mentega
  • 100 gr gula pasir (kalo suka manis, bisa ditambah gulanya)
  • 30 gr susu bubuk (kalo males nimbang, 2 sendok makan lah kira-kira)
  • ½ sendok teh garam
  • 250 ml air
  • 11 gr ragi instan (biasanya satu bungkus ragi instan isinya emang 11 gr, gak perlu ditimbang lagi)
  • 4 kuning telur
  • ½ sendok teh bread improver (saya baru nyadar punya bread improver di kulkas, jadi saya pake deh)

Gak pake bread improver pun gak apa-apa. Emang sih, roti yang pake tambahan bread improver itu jadinya lembut banget. Tapi gak pake juga tetep lembut dan ngembang kok.

UNTUK OLESAN:

  • 1 kuning telur
  • 2 sendok makan madu (optional sih, tapi madu ini bakalan bikin permukaan rotinya kenyal kayak permen karet)
  • 1 sendok makan air

CARA MEMBUAT:

  • Campur bahan kering: tepung terigu, ragi, susu bubuk, gula pasir, dan bread improver. Aduk rata.
  • Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diulenin pake tangan atau mixer.
  • Masukkan kuning telur.
  • Setelah agak kalis, masukkan mentega dan garam. Uleni lagi sampai kalis.
  • Bentuk adonan bulet-bulet sesuai selera. Susun di loyang bolu atau cake. Loyang apapun kayaknya bisa deh. Seketemunya aja. Jangan lupa olesi loyang dengan margarin.
  • Diamkan 30 menit.
  • Setelah mengembang, isi dengan coklat atau selai. Bulet-buletin lagi. Susun lagi. Campur semua bahan olesan, kocok sampai rata. Oleskan ke permukaan roti.
  • Diamkan lagi 30 menit.
  • Siapkan oven dengan suhu sedang. Kalo kepanasan, bisa gosong sebelum mengembang dia.
  • Panggang selama 15-20 menit.

Jadi deh….

Waktu saya baru ngeluarin roti ini dari oven, anak-anak udah pada ngumpul buat ngeliatin (dan berakhir dengan ngabisin). Sinung saya bawain 4 potong ke kamar. Gak lama tinggal piringnya aja. :die:

Selamat mencoba ya. :cutesmile:

29 Comments

  1. iwan
    Nov 29, 2015

    Biar g bau ragi kompoaisinya gimana ya? :cry:

    • Octaviani Nurhasanah
      Dec 7, 2015

      Baunya roti, ya bau ragi itu, Bang Iwan. Itu kan, khasnya. Jadi gimana, yaaa…. Aku pake ragi instan merek Fermipan biasanya dan setelah dibakar, gak terlalu bau-bau amat dia.

  2. ami
    Nov 16, 2015

    Mbk saya beberapa kali bikin roti selalu pucat atasnya…saya pakai otang merk ho*k nomer 4, model yg diatas yg bisa dikasih arang, saya beri termometer tambahan….yg ingin saya tanyakan
    1. roti harus ditaruh di rak paling bawah? tengah? atas?
    2. otang harus dipanaskan brp lama dulu?
    3. misal di resep ditulis dipanggang 180derajat….apakahsaya hrs mematuhi…atau stel kompor cenderung besar?
    saya mohon bantuannya…..iriiii rasanya roti mbk hasilnya bagus hy dgn otang….saya minta tips n triknya…….terima kasih bnyk :oops:

    • Octaviani Nurhasanah
      Nov 17, 2015

      Halo Mbak Ami. ^^

      Pertama mungkin olesannya. Saya pake campuran kuning telur (satu aja), sedikit air (sekitar setengah sendok teh biar telurnya rata), dan satu sendok teh madu. Jadi warnanya setelah dioles memang agak kuning. Setelah dibakar, warna kuningnya bakalan jadi lebih jelas. Rotinya saya taroh di rak tengah. Otang saya ada bukaan atasnya (Hock no. 3). Jadi sekitar 10-an menit sebelum diangkat, bukaan atasnya saya buka biar bagian atasnya juga matang. Memanaskan orangnya bisa lima menit sebelum roti masuk ke dalamnya. Gak perlu lama-lama juga karena yang penting bagian dalam otang sudah panas. Itu aja. Urusan suhu ini agak ribet di otang saya karena gak berapa lama setelah beli, termometer yang ada di bagian dalam otanya rusak. Gak mau bergerak aja gitu dianya. Jadi saya mengira-ngira pakai besar api kompor aja. Saya memanaskan otang di kompor gas. Lebih bagus di kompor minyak, sih. Saya pernah nyoba pakai otang Ibu saya di kompor minyak Hock yang besar, jadinya lebih rata karena lingkaran apinya lebih besar. Tapi pakai kompor gas pun gak apa-apa. Saya pakai api sedang. Jangan besar-besar karena nanti bagian bawahnya gosong tapi bagian atasnya belum matang.

      Gitu aja, Mbak Ami. Semoga membantu, ya. :cutesmile:

  3. diwan nisa
    Aug 22, 2015

    mb…. ituh roti sobeknya bertahan berapa lama yah…. makasih

  4. resep umiku
    Jun 22, 2015

    cakep dah artikelnya

  5. muhnadi
    Jan 3, 2015

    aku dah nyoba resep nya mbak,alhamdulullah berhasil, tp agak sedikit gosong cause ovennya agak troubel, menurut aku hasilnya lembut banget tapi kok eneg ya…tolong kirimi resep buat martabak manis yang gampang dong…kayaknya kue yang satu ini agak suseh ye…………jazakumullohukhoiron…………

    • octanh
      Jan 7, 2015

      Mungkin eneg karena ada rasa susu kali ya, Mbak Muhnadi. Saya masih gagal bikin martabak manis yang oke, Mbak. Ada resep warisan almarhum kakek yang dulunya penjual martabak, tapi sampe sekarang saya belum nemu sodara/kerabat yang mau ngasih tahu rahasia resepnya. Soalnya saya coba, masih gak kayak martabaknya alharhum kakek. :mewek:

  6. fnna
    Dec 16, 2014

    uda di bakr lbh 30 mnt tp kok dlmnya masih sperti mentah gt ya…pdahl apix sedang aja..cenderung kecil malah…

    • octanh
      Dec 16, 2014

      Sebenernya lebih bagus manggang roti itu di api sedikit besar karena bisa “maksa” rotinya lebih mengembang (karena panasnya tadi). Mungkin itu apinnya kekecilan, Mbak Fnna. :cutesmile:

  7. Midah
    Apr 18, 2014

    Kuning telurnya 4btr apa gak bau amis bun kalo udh dingin rotinya..kira2 kalo di ganti jd 2btr telur utuh bisa gak sie bun..thx ya

    • octanh
      Apr 19, 2014

      Gak, Mbak Midah. Soalnya yang dipake kan kuningnya aja. Dan bau raginya itu bakalan lebih kuat dibanding bau telor dan bahan lain. Kalo dikurangi kayaknya bisa. Saya belom pernah nyoba sih. Paling nanti teksturnya jadi agak keras aja. :D

  8. Midah
    Apr 18, 2014

    Kuning telurnya 4 ya bun..apa gak bau amis..? Kalo di ganti jd telur utuh 2 btr bisa gak ya bun..?thx

  9. shinby
    Dec 11, 2013

    sist kl otang ak cm 2 sap gmn?bgs ny taro ata :cutesmile: s or bawah?thanks ak pengn coba ….lg hoby buat roti ni

    • octanh
      Dec 12, 2013

      Kalo rotinya pake loyang gini, bagusan taroh di atas dan pas di tengah, Mbak Shinby. Soalnya kalo terlalu bawah, ntar malah cepet cosong bagian bawah rotinya. :cutesmile:

  10. nadya Misbach
    Nov 16, 2013

    Assalamu’alaikum…
    Mba.ma kasih share resepnya.tadi sore saya coba bikin roti menul2nya…Alhamdulillah sukses ngembang sempurna .empuk dan lembut…anak2 suka banget,ada yg saya isi keju,coklat juga kismis, atasnya saya oles kuning telur juga saya kasih sprinkle coklat jadi cantik dehh….,oh ya tadinya saya ragu lho mau nyoba resepnya, tapi liat gambar2 dan penjelasan resepnya dan saya rasa mba sungguh2 berbagi ilmu,akhirnya saya coba n berhasil, ma kasih sekali lagi…..

    • octanh
      Dec 4, 2013

      Waaaaah, seneng ngedengernya, Mbak Nadya. :D

      Pertama kali saya bikin roti, saya juga kesusahan nyari resep yang ngejelasin dengan detail cara pembuatannya. Kalau kue biasa, kayak bolu gitu, saya masih bisa ngikutin. Tapi kalo roti, saya beneran gak paham. Pas saya udah bisa bikinnya, saya nyoba nulis ulang resep dan cara pembuatannya sejelas yang saya bisa. Biar kalo ada yang pengen bikin, gak kesulitan lagi. :D

      Anak-anak saya juga suka roti, Mbak Nadya. Sekarang yang lagi ngetrend di rumah: roti isi kelapa. Baunya wangi dan isiannya gurih. Enak. :D

  11. bunda aisyah
    Oct 29, 2013

    BNyak resep bikin roti.. tp aku ga berani coba, setelah baca resep mbak aku berani coba krn sangat lengkap dngn tips anti gagalnya.. dan alhamdulillah ekskusi perdanaku berhasil…

    Terimakasih ilmunya.. :cutesmile:

    • octanh
      Oct 29, 2013

      Masama, Bunda Aisyah. Betewe, nama anak saya yang pertama juga Aisha. Tapi dia kurang suka roti yang kayak di resep ini. Dia sukanya bolu coklat. (Kok malah jadi ngomongin anak?) :D

      • bunda aisyah
        Nov 11, 2013

        Comment 8) hehehe,,, berikutnya saya mo coba brownies mbk,, soalnya bbrapakali bikin kok kurang mantap… sayangnya resepna ga bisa dicopas ,, jadi sya baca berulang2 krn saya males nulis,, :(

        • bunda aisyah
          Nov 11, 2013

          oya ank saya aisyah,, kalo saya bikin roti atw cake dia jg jarang nyicipin… dia jg ga minat makan roti,, sukanya makanan yng digoreng :lol:

          • octanh
            Nov 15, 2013

            Anak-anak saya alhamdulillah pada gak gitu suka roti juga. :D Suka sih, tapi kalo gak ada pilihan lain. Kalo ada yang lain, kayak es krim gitu, mereka lebih milih es krim. :D

        • octanh
          Nov 15, 2013

          Iya, Bunda Aisyah (namanya sama kayak nama anak saya, Aisha. :D) Itu sengaja gak dibikin gak bisa dicopas soalnya udah beberapa kali tulisan saya dicopas mulu. :(

  12. Wira ernawan
    Feb 25, 2013

    good nuhun teh….. :ngiler:

  13. ida
    Jan 3, 2013

    resep yang mudah dimengerti…

    • octanh
      Jan 9, 2013

      Makasih. Semoga bisa dicontoh juga tanpa gagal. :cutesmile:

  14. tika
    Mar 23, 2012

    ‎​♏̣̥̤̥̣̈̊̇aạ̥̤̥̣̈̊̇aạ̥̤̥̣̈̊̇n†ạ̥̤̥̣̈̊̇aạ̥̤̥̣̈̊̇ạ̣̥̤̥̣̈̊̇̣̥̤̥̣̈̊̇º°˚˚°º»(y)

    • OctaNH
      Mar 28, 2012

      Karena tulisannya aneh begituh, komenmu sempet dikira spam…. :die:

      Bikin gih, Tik. Enak lho. LUmayan daripada beli. :-P

Trackbacks/Pingbacks

  1. Roti Kepang dan Resep Puding Putih Telur | My Cuisine - [...] sama dengan Roti Sobek Menul-Menul. Cara mengepangnya kapan-kapan saya fotoin step by step-nya, soalnya tadi masih eksperimen. Jadi, [...]
  2. Bubur Sumsum | My Cuisine - [...] buka puasa. Kemaren-kemaren saya kue lumpur (kalo sempet saya tulis juga resepnya kapan-kapan), roti sobek, dan puding putih telur…
  3. #131: Roti Kepang dan Puding Putih Telur | Octaviani Nurhasanah - [...] sama dengan Roti Sobek Menul-Menul. Cara mengepangnya kapan-kapan saya fotoin step by step ya, soalnya tadi masih eksperimen. Jadi,…
  4. #125: Resep Bubur Sumsum | Octaviani Nurhasanah - [...] buka puasa. Kemaren-kemaren saya kue lumpur (kalo sempet saya tulis juga resepnya kapan-kapan), roti sobek, dan puding putih telur…

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:| :twisted: :teror: :sniff: :siul: :roll: :oops: :nyucuk: :ngiler: :ngikik: :music: :mewek: :lol: :hohoho: :evil: :die: :cutesmile: :cry: :bored: :T.T: :D :?: :> :-x :-o :-P :-? :( 8-O 8)